TASIKMALAYA — Kelompok tani Sinarjaya merayakan panen pepaya di Kampung Sinarjaya, Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Rabu (7/2). Panen pepaya mencapai hasil empat kuintal per pekan.

Ketua Gapoktan Kelurahan Urug Momon mengatakan total ada dua hektare lahan pepaya dengan jumlah 250 pohon siap panen. Pepaya yang dipanen kelompok tani Sinarjaya ialah jenis pepaya varietas Calina atau California.

“Ini merupakan puncak panen pepaya yang ke sebelas kali di lahan ini bila di rata-rata setiap minggunya kami memanen bisa sampai empat kuintal buah pepaya calina ini,” katanya pada wartawan.

Ia menyebut tingginya angka produksi panen tak lepas dari bantuan bibit dan pupuk yang disalurkan hasil kerja sama antara pemerintah setempat bersama PT Pupuk Kujang. Walau begitu, kapasitas panen, menurutnya masih belum mampu memenuhi permintaan pasar.

“Saat ini meski produktivitas dari lahan para petani disini cukup tinggi namun masih belum mencukupi pesanan yang diminta pengepul yang permintaannya bisa ratusan ton,” ujarnya.

Sementara itu, Manajer Komunikasi PT Pupuk Kujang Ade Cahya mengatakan akan aktif mendorong dan memfasilitasi para petani pepaya di Kota Tasikmalaya.

Pupuk kujang menurutnya, secara aktif akan mendorong pertanian salah satunya di Kecamatan Kawalu ini, dengan menerapkan demonstrasi pola tanam (demplot). Seperti panen raya yang dilakukan hari ini.

Ia berharap supaya demplot yang sudah digunakan para petani di Kelurahan Urug mampu menjadi percontohan bagi para petani di daerah lainnya di Kota Tasik. Tujuannya guna meningkatkan kesejahteraan petani.

“Semoga petani lain dapat meniru apa yang dilakukan di Gapoktan yang ada disini karena demi peningkatan penghasilan mereka juga,” harapnya.

Walikota Tasik Budi mengapresiasi panen raya pepaya kali ini. Ia menjanjikan petani akan terus mendapat dukungan dari Pemkot. Bentuk upaya meningkatkan produksi pepaya, kata dia, pemerintah kota Tasikmalaya akan memberikan pelatihan serta pendampingan bagi para petani disana.

“Melihat potensi yang ada di Urug sangat memuaskan, kami pemerintah Kota Tasikmalaya akan terus mendorong dan berupaya memfasilitasi para petani,” katanya.

Sumber :http://republika.co.id/berita/ekonomi/pertanian/18/02/07/p3rsvt423-petani-tasikmalaya-panen-raya-pepaya

Related Post