Pengibaran Bendera Merah Putih Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kota Tasikmalaya Tahun 2019 yang dipusatkan di Lapangan Upacara Dadaha Kota Tasikmalaya Berlangsung khidmat, Sabtu (17/8).

Saat derap langkah tegap pasukan pengibar Bendera yang dikawal Pasukan TNI Angkatan Udara Lanud Wiriadinata Cibeureum melangkah masuk ke Lapangan Upacara dan memboyong sang saka merah putih untuk dikibarkan, suasanapun menjadi hening dan sakral.

Nampak, tamu undangan di podium kehormatan yang disisi oleh Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya beserta Jajaran Forum Kooordinasi Pimpinan Daerah, Para Veteran,  Tokoh Agama dan tokoh Masyarakat serta para peserta upacara yang terdiri dari Kompi TNI-Polri, Kompi Satpolpp-dishub-Korpri, Kompi Ormas dan Mahasiswa, Kompi Siswa SMA, SMP hingga SD serta ribuan masyarakat yang hadir, serempak mengikuti arahan Pimpinan Upacara untuk memberi hormat kepada sang saka merah putih hingga berkibar di puncak tiang tertinggi.

Pada kesempatan memberikan amanat, Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman yang didaulat menjadi Inspektur Upacara pada kesempatan itu menegaskan bahwa Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada 17 Agustus 1945, bukan berarti perjuangan bangsa ini sudah selesai melainkan menjadi langkah awal untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan di semua bidang demi mewujudkan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Ia menambahkan bahwa, selaras dengan Tema Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju”, berkat kerja nyata dan dukungan DPRD Kota Tasikmalaya, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tasikmalaya serta seluruh elemen masyarakat melalui sinergitas yang telah terjalin Kota Tasikmalaya telah banyak mengalami kemajuan baik di bidang infrastruktur dan layanan publik lainnya.

Keberhasilan tersebut diapresiansi oleh pemerintah pusat dengan beberapa penghargaan yang diraih oleh Kota Tasikmalaya diantaranya :

  1. Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2018 berupa penilaian dari pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang berada di predikat BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara;
  2. Penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Pratama Dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
  3. Penghargaan Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan Ham;
  4. Penghargaan Nata Mukti sebagai Apresiasi pada Kabupaten/Kota yang berhasil menjadi Mentor Keberhasilan UMKM dari International Council For Small Business (ICSB);
  5. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Kategori Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
  6. Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI;
  7. Penghargaan Tertib Ukur dari Kementerian Perdagangan.

“Atas segala apa yang dicapai oleh Kota Tasikmalaya, dalam Momentum yang berbahagia ini, Kami atas Nama Pemerintah Kota Tasikmalaya Mengucapkan Terima Kasih dan Penghargaan yang sebesar-besarnya Kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam upaya menuju perubahan dan pembangunan Kota Tasikmalaya yang lebih baik”,Katanya.

Keberhasilan itu seakan memberikan motivasi kepada Pemerintah Kota Tasikmalaya untuk terus melanjutkan program membangun infrastruktur Daerah yang mampu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat serta mengimbanginya dengan pelaksanaan model pembangunan Berbasis partisipasi Program Gema Madani (Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif) dan Program Prioritas pencetakan 5.000 Wirausaha baru Kota Tasikmalaya serta program pembangunan moral religius melalui program magrib mengaji dan subuh berjamaah.

“Mari kita senantiasa memelihara, menjaga kemajuan pembangunan bersama, tidak hanya di bidang fisik, ekonomi, namun juga pembangunan keimanan dan ketaqwaan serta kita wajib memelihara persatuan dan Kesatuan , kerukunan dan kedaiaman yang telah kondusif di Kota Tasikmalaya demi mewujudkan “Kota Tasikmalaya yang Religius, Maju dan Madani”, Pungkasnya.

Dina salah satu peserta upacara menuturkan bahwa dirinya seakan terbawa suasana apalagi saat bendera dikibarkan, rasa haru, sedih bercampur bahagia karena dirinya bisa hadir dan menjadi bagian dari lautan manusia Indonesia yang ikut dalam Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI tingkat Kota Tasikmalaya tahun 2019.

Red. IKPS Diskominfo Pemerintah Kota Tasikmalaya.

Attachments
  • 2-logo

Related Post