• Mon, 27 Sep 2021

UJI COBA MAL PELAYANAN PUBLIK KOTA TASIKMALAYA


Tasikmalaya - Bertempat di Bale Kota Tasikmalaya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tasikmalaya melaksanakan Uji Coba Mal Pelayanan Publik. Uji Coba ini ditinjau langsung oleh Wali Kota Tasikmalaya. Senin, 27 September 2021.

Wali Kota Tasikmalaya Drs. Muhammad Yusuf sangat mengapresiasi kepada Dinas DPPMTSP yang sudah membangun Mal Pelayanan Publik sedemikian rupa. Walaupun dalam keadaan masih kurang dan masih banyak counter yang harus kita buka, sementara tempat seperti ini kemungkinan nantinya kita akan menggunakan basement juga untuk pelayanan. Kita akan mengoptimalkan semua yang terkait dengan pelayanan, terkait perizinan, yang ada di kita karna lebih cepat selesai lebih baik. Satu Pintu disini dimaksudkan agar orang bisa mengurus perizinan apapun disini, dan juga untuk mempercepat pelayanan kita kepada masyarakat. Jadi ketika akan melakukan proses perizinann apapun kita sudah siapkan disini, sekarang sedang uji coba dengan beberapa dinas sudah ada disni, dari 21 Dinas ada 18 yang sudah masuk.

"Meskipun belum launching, pelayanan kepada masyarakat sudah berjalan. Kita harus memperhatikan kepuasan masyarakat, jika masyarakat sudah puas dengan adanya MPP berarti tugas pelayanan kami kepada masyarakat berhasil. Kalau ada ketidakpuasan silahkan sampaikan karna sudah ada kan tentang kepuasan masyarakat, jika kepuasan masyarakat masih rendah maka kita harus meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat." Ujarnya

Hadi Riaddy selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tasikmalaya menyebutkan untuk Grand Opening Mal Pelayanan Publim (MPP) akan mundur pada 2022, namun kita belum bisa memastikan apakah anggaran terakomodir atau tidak. Ia berkata yang jelas opening bukan yang terpenting, namun pelayanannya. Hari ini kita mulai uji coba terutama jaringan dan sistem, yang ternyata masih ada kendala terutama kebutuhan jaringan untuk internetnya. Ini masih tahap uji coba kami akan mengevaluasi apa saja yang belum sempurna, kami harus sempurnakan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, semua kendala bisa diselesaikan dan Mal Pelayan Publik (MPP) bisa segera beroperasional. Kita berharap dengan adanya Mal Pelayanan Publik ini bisa memperbaiki semua pelayanan publik di Kota Tasikmalaya. Saya optimis kedepan, dengan adanya Mall Pelayanan Publik ini kita bisa lebih baik, lebih cepat, lebih mudah, dan lebih nyaman dari sebelumnya, selain itu akan menambah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Untuk sistem pelayanan, masyarakat bisa datang ke sini nanti akan ada petugas yang membantu sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Semua sudah tersedia disini, jadi ketika masyarakat datang semua bisa selesai disini tanpa harus ke Dinas yang bersangkutan, kecuali hal-hal yang bersifat khusus seperti permohonan perizinan yang memerlukan pembahasan. Untuk pelayanan yang sesuai IMB di kami sesuai SOP itu 14 hari kerja terhitung mulai berkas diterima dengan lengkap dan benar, setelah ada MPP ini SOP nya dipercepat menjadi 7 hari.


SHARE: