• Fri 15, 2020

PENDISTRIBUSIAN BANTUAN SOSIAL NON DTKS DARI PROVINSI JAWA BARAT


Bertempat di Kantor Pos Tasikmalaya, Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Budi Budiman menghadiri acara pendistribusian Bantuan Sosial Non DTKS yang berasal dari Anggaran Provinsi Jawa Barat. Bantuan Sosial yang berasal dari Provinsi ini diperuntukkan bagi 35.243 KK. Turut hadir, Wakil Wali Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf, Unsun Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat dan beberapa Kepala OPD. Jumat 15 Mei 2020.

Dalam sambutannya Budi menyampaikan bahwa Pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran Covid-19. Di sisi lain yang tidak kalah pentingya untuk diperhatikan adalah dampak sosial dan ekonomi. Maka dari itu pemerintah telah memberikan dukungan sosial yang terbagi antara Pemerintah Pusat melaui Kementerian Sosial, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Tasimalaya. Pemerintah Kota Tasikmalaya memiliki 17.590 KK non DTKS dan telah didistribusikan bantuan nya sejak tanggal 11 Mei yang lalu melalui Kantor Pos dan baru bisa terealisasi sebesar 89%.

“Kalo kita lihat kemaren, kita evaluasi dari 17.590 hanya 527 saja yang dobel. Rekan-rekan dari petugas pos dan gojeg kalau ternyata dilapangan menemukan penerima dobel bantuan, sudah stop saja. Tidak boleh ada yang menerima dobel dari bantuan ini.” ujar Budi.

Budi mengharapkan kepada petugas yang membantu mendistribusikan bantuan agar ikut memberikan informasi jika ada warga yang menerima bantuan dobel. Ini dikarenakan banyaknya sumbernya bantuan baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi samapai Pemerintah Daerah.

“Saya pesan kepada para petugas untuk menjaga keselamatan dan menerapkan protocol kesehatan selama bertugas. Pake masker, helm termasuk physical distancing tetap dijaga.” Pungkas Budi.

Pendistribusian bantuan dari provinsi ini dilaksanakan sejak tanggal 14 sampai dengan 20 Mei 2020 dan dilakukan bertahap per kecamatan. Jumlah keseluruhan penerima bantuan ini sebanyak 35.243 KK. Dengan rician, Kecamatan Tawang 2.632 KK, Indihiang 2.300 KK, Cihideung 3.881 KK, Cipedes 4.606 KK, Purbaratu 2.357 KK, Bungursari 3.106 KK, Cibeureum 5.429 KK, Kawalu 3.858 KK, Tamansari 3.040 KK, dan Mangkubumi 4.034 KK.