• Mon 15, 2020

MONITORING KEGIATAN RAPID TEST DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN RIYADLUL ULUM


Walikota Tasikmalaya Drs. Budi Budiman melaksanakan monitoring pelaksanaan kegiatan rapid test masal di Pondok Pesantren Riyadlul Ulum. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dalam rangka penguatan pelacakan kasus / tracing yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan test berikutnya termasuk perawatan / treatment. Senin 15 Juni 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya dr. Uus menyampaikan bahwa Kota Tasikmalaya saat ini berada di level biru dan diharapkan agar bisa mencapai level hijau.

“ Menyikapi hal ini, kita harus yakin bahwa Covid 19 di Kota Tasikmalaya sudah dapat dikendalikan dengan baik. Syaratnya adalah pelacakan kasusnya harus bagus. Yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya ada 2 jenis screening masal, yaitu rapid test dan swab test”. Ujar Uus.

Pemilihan lokasi rapid test di pondok pesantren Riyadlul Ulum ini dikarenakan sudah diperbolehkannya kegiatan pembelajaran bagi santri salafiyah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, pembatasan jumlah santri dan asal datangnya santri.

Budi Budiman menyampaikan pentingnya kegiatan yang dilaksanakan di pontren ini dan nantinya akan dilaksanakan di beberapa tempat lain dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Tasikmalaya.

“Alhamdulillah, menurut laporan tim dinas kesehatan dari 100 test yang sudah dilaksanakan semuanya negatif. Ini penting ketika kita menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru dalam rangka persiapan menuju new normal.” Ujar Budi Budiman.

Budi menambahkan bahwa kesadaran masyarakat tentang Covid-19 dan dukungan penuh dari masyarakat merupakan hal yang sangat penting dalam upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebarannya.